Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pilihan Motif yang Tepat untuk Lantai Kolam Renang

Lantai pada kolam renang berbeda dengan berbagai area lain di rumah kita. Pemilihan material dan desainnya perlu dilakukan dengan baik untuk menunjang estetika dan kenyamanan. Pemilihan warna keramik dan motif haruslah jelas, karena akan dilihat dari atas permukaan air.

Saat ini, terdapat berbagai motif yang bisa Anda jadikan referensi pada kolam renang. Apa saja rekomendasinya? Mari simak informasi lengkap mengenai keramik kolam renang pada tulisan kali ini!

7 Motif Lantai Kolam yang Bisa Anda Jadikan Pilihan!

lantai
Sumber gambar: Pexels


Keramik kolam renang memerlukan ketahanan tinggi terhadap kelembaban. Selain itu, keramik juga juga harus memiliki bentuk visual agar indah, nyaman, dan tentunya aman digunakan. Oleh karena itu, mari simak beberapa rekomendasi motif untuk kolam renang berikut ini!

Glass Pool Tiles


Glass pool tiles yang terbuat dari pasir dan serat kaca, serta memiliki visual yang cantik. Materialnya memiliki kepadatan tinggi dan tidak berpori. Keramik satu ini menghadirkan tampilan berkilau dan jernih pada kolam Anda.

Pemasangan glass pool tiles membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika terdapat kesalahan, maka biaya perbaikan keramik tergolong mahal daripada material lainnya. Hal ini tentu bisa diantisipasi dengan jasa tukang yang profesional.

Meski pemasangan cukup sulit, glass pool tiles tetap menjadi pilihan keramik kolam yang wajib dipertimbangan. Selain tampilan visual, Anda akan mendapatkan material dengan ketahanan panas, dingin, dan tekanan air yang tinggi.

Keramik Mozaik

Keramik mozaik juga cocok untuk lantai kolam renang. Bahkan, material ini sudah umum digunakan pada kolam rumah tinggal hingga hotel. Mozaik mampu menampilkan motif tertentu dengan gradasi yang cantik. Bahkan, sekarang juga terdapat motif geometris hingga bunga.

Keramik mozaik memiliki daya tahan yang baik terhadap tekanan air. Hal ini menjadikan permukaan tidak muda pecah. Pada kolam renang, keramik mozaik dengan warna biru banyak digunakan. Warna biru memberikan kesan air yang sejuk dan dapat memantulkan warna langit jika kolam berada di outdoor.

Polos Bertekstur

lantai kolam renang
Sumber gambar: Pexels


Motif keramik polos bertekstur dapat Anda pilih untuk kolam yang lebih minimalis. Motif ini juga bisa menjadi pilihan pada area pool deck. Pemilihan keramik polos pada pool deck haruslah bertekstur agar aman dan tetap indah.

Motif polos bertekstur ini juga cocok jika Anda menginginkan kolam modern berkonsep industrial. Motif polos bisa memberikan ilusi bersih dan luas. Selain itu, keramik polos bertekstur juga lebih aman daripada semen ekspos yang rawan licin jika tergenang air.

Motif Pasir

Alternatif selanjutnya yaitu motif pasir yang cantik dan alami. Keramik ini memiliki tekstur kasar dan tidak licin meski basah, sehingga bisa juga diterapkan pada bagian lantai pool deck. Selain itu, material ini adalah pilihan tepat untuk kolam outdoor.

Material keramik memang banyak digunakan karena perawatan yang mudah dan mampu bertahan pada iklim tropis di Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa mengaplikasikan keramik ini dengan maksimal pada kolam renang.

Keramik bermotif pasir juga mudah disesuaikan dengan konsep apapun karena memiliki tampilan yang netral. Konsep minimalis dan coastal mungkin bisa menjadi pilihan paling tepat untuk kolam Anda.
Motif Batu Alam

Batu alam memiliki kelebihan pada tingkat keawetannya. Material ini juga tidak mudah pecah untuk kolam renang. Namun, Anda perlu melakukan perawatan ekstra karena rentan terhadap lumut dan jamur.

Pergantian air pada kolam dengan batu alam perlu dilakukan lebih sering. Selain itu, batu alam juga memerlukan perekat keramik lantai yang tepat saat pemasangan.
Ubin Kolam Kaca

Ingin tampilan kolam lebih mewah? Maka ubin kolam kaca bisa Anda pilih. Jenis keramik ini memiliki struktur padat serta tidak berpori. Hal ini menjadikan material memiliki penyerapan air yang rendah.

Kelebihan ubin kolam kaca yaitu awet dan tahan terhadap panas. Namun, pemasangan ubin memerlukan ketelitian tinggi. Material ini juga memiliki harga yang tergolong mahal daripada keramik kolam renang lainnya.
Motif Kayu untuk Pool Deck

Pool deck kayu memang elegan dan mewah. Namun, perawatannya cukup sulit dan rentan terhadap cuaca. Oleh karena itu, Anda bisa memilih alternatif keramik bermotif kayu untuk menghadirkan visual yang sama.

Keramik bermotif kayu juga menampilkan nuansa alami. Selain itu, terdapat berbagai pilihan warna dan motif kayu yang beragam. Tentunya, material ini memiliki keawetan tinggi daripada kayu asli yang harus diganti secara rutin.

Kesimpulan


Ada banyak alternatif motif keramik kolam renang yang bisa Anda pilih. Setiap motif menampilkan visual berbeda dan dapat disesuaikan dengan konsep yang dimiliki. Berbagai material keramik tentunya mempunyai kelebihannya masing-masing untuk diterapkan pada kolam renang.

Pemasangan keramik kolam renang kini bisa Anda lakukan bersama produk Sika. Salah satu produk terbaiknya yaitu SikaCeram-200 TA Tilefix yang memiliki daya lekat sangat baik, cocok untuk keramik ukuran besar, dan dapat diaplikasikan pada area terendam air.

Selain itu, kegunaan perekat keramik lantai ini yaitu mendukung metode tile on tile dan mudah diaplikasikan hanya dengan menambahkan air.

Pengalaman yang dimiliki Sika sudah sangat panjang, yakni 113 tahun. Sika berperan dalam berbagai proyek global, seperti Vila Musanada di Uni Emirat Arab. Sika juga telah menjadi pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia.

Bersama produk Sika, pemasangan keramik lantai pada kolam renang bisa dilakukan dengan maksimal. Tentunya, dengan kualitas dan ketahanan yang baik. Mari pilih produk Sika sesuai kebutuhan, pelajari lebih lengkap di sini!

Posting Komentar untuk "7 Pilihan Motif yang Tepat untuk Lantai Kolam Renang"